“Hari ini merupakan hari yang penting bagi para keluarga besar SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru, Saya ucapkan selamat kepada Ananda sekalian, semoga dapat berkarya dan bekerja sesuai dengan yang dicita-citakan” secercah kalimat yang umum namun meninggalkan kesan yang mendalam di hati para wisudawan yang disampaikan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ir. Helmi Basalamah, M.M.

Kamis, 2 Mei 2019 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru regional Sumatera menyelenggarakan prosesi wisuda yang terdiri dari 101 wisudawan/i. Di pagi yang cerah itu, kepala BP2SDM kehutanan mewisuda satu persatu wisudawan yang di ikuti dengan tampilan penuh kreativitas dari Drum Band Gita Wana Patria, Perisai Diri dan Baris Berbaris yang ditampilkan menunjukkan harmoni dari keindahan dan kekuatan. dalam prosesi tersebut, tiga wisudawan peraih peringkat terbaik adalah Putri Apriliani (Riau), Mauliza Meika Putri (Jambi), Safitri Nur Azizah (Riau), sedangkan peringkat terbaik dari paket Keahlian adalah Wike Sarina (Riau) dan Cantika Ayu Milenia (Riau).

Kepala BP2SDM Kehutanan Ir. Helmi Basalamah, M.M memberikan selamat kepada salah satu wisudawati peringkat terbaik dari paket keahlian.

Lulusan SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru yang memiliki sertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk 3 (tiga) keahlian, yaitu : 1) Kompetensi Pembuatan Bibit Generatif, 2) Kompetensi Pembuatan Peta Hasil Pengolahan Titik GPS, 3) Kompetensi Pengukur dan Penguji Kayu Bulat, yang membuat lulusan SMKKN ini siap bekerja sebagai tenaga teknis kehutanan. Dalam menindaklanjuti arahan terkait dari Ibu Menteri LHK, Badan P2SDM telah melakukan terobosan bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari dan APHI untuk menyelenggarakan Pelatihan Teknis PHPL – Penguji Kayu Bulat Rimba (Ganis PKBR) bagi siswa SMKKN bidang keahlian Teknik Produksi Hasil Hutan yang akan lulus. Selain itu, kedepan kerjasama ini akan dikembangkan untuk berbagai kompetensi bidang teknis lainnya seperti Penguji Kayu Olahan, Pengelolaan Jasa Lingkungan Wisata Alam, Pembibitan, Persemaian guna memenuhi kebutuhan tenaga teknis di pemerintahan pusat dan daerah termasuk KPH. Sektor swasta dan BUMN yang terkait seperti Perum Perhutani, Usaha Pertambangan, Jasa Konsultasi.

Kepala BP2SDM didampingi Kepala SMKKN Pekanbaru foto bersama dengan wisudawati peringkat terbaik.

Namun itu saja tidaklah cukup. Budi luhur, disiplin dan jujur dalam lingkungan kerja dan pergaulan di masyarakat, akan membawa kecerdasan dan kepandaian yang dimiliki pada kemaslahatan dan kesuksesan baik bagi pribadi maupun masyarakat, sehingga lulusan akan diterima dan berguna di masyarakat karena akhlak mulia dan profesionalisme yang tinggi.

0

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *